Beranda » Uncategorized » Berkibarlah Pendidikan Indonesia

Berkibarlah Pendidikan Indonesia

      Mengeritik itu mudah memberi solusi yang jarang terjadi.  Bukan hal yang aneh lagi sekolah banyak  yang rusak, tentang kurikulum yang berubah-ubah sesuai menteri yang menjabat, putus sekolah ,dan standar guru yang mengajar. Dan masih banyak lagi permasalahan yang terjadi dalam pendidikan kita. Apa yang mesti kita lakukan ? Itulah yang semestinya dijawab.

        Berapakah urutan pendidikan Indonesia di rengking dunia? Tanpa mendengar fakta tentu kita sudah tahu peringkat kita. Kita sudah sering lihat mengenai permasalah pendidikan kita. Dari fasilitas saja, tidak usah jauh – jauh membandingkan sekolah kita dengan sekolah luar negeri. Tapi coba bandingkan beberapa sekolah saja. Menurut saya sudah terjadi perubahan-perubahan  yang ada. Sekolah sekarang tidak hanyak memperhatikan otak kiri saja, dimana anak-anak dijejali dengan materi-materi saja, tetapi sudah ada beberapa perubahan. Dimana beberapa mata pelajaran sudah mulai dihubungkan dengan kehidupan disekitar. Contohnya pada pelajaran IPA anak-anak memperhatikan lingkungan sekitarnya. Sebagai contoh di sebuah sekolah , anak-anak diajak berkeliling sekitar sekolah. Ini hal yang sederhana tetapi membawa manfaat. Pada pelajaran seni anak-anak mulai bernyanyi dan menari. Anak-anak lebih cepat mengerti apa bila mereka dikenalkan dengan lebih dekan dengan apa yang mereka pelajari. Dengan suasana yang tidak kaku.

        Saya mungkin tidak akan menjelaskan mengenai kurikulum yang menurut saya lebih banyak penelitian dan pemikiran dari orang-orang yang mengerti tentang kurikulum, tentu kita tidak bisa menggunakan kurikulum yang lama karena zaman terus berubah tidak mungkin pendidikan tidak mengalami perubahan. Pada bagian ini saya akan mengamati mengenai suasana kelas, peruhan tentu ada beberapa sekolah sudah mendesain kelas sedemikian menjadi lebih dekat dengan siswa-siswa terutama untuk anak-anak sekolah dasar. Dimana anak-anak dibawa ke dalam suasana masa pertumbuhan mereka, saya juga tidak menutup mata dimana masih banyaknya kelas yang  terlalu kaku untuk anak seusia mereka. Adanya dampak studi banding terhadap Negara lain membawa manfaat. Saya merasa buku-buku untuk bacaan anak-anak perlu ada di kelas atau perpustakaan mini kelas, saya melihat ini diberlakukan sekolah-sekolah di Jepang. Begitu juga dengan ditempelnya karya-karya siswa di kelas, ini lebih membawa siswa merasa memiliki kelas mereka. Ini penting untuk membuat siswa memiliki rasa nyaman dan memiliki kelas mereka. Tapi masih banyak sekolah-sekolah tertinggal lainnya yang butuh perhatian kita.  Untuk sekolah saja mereka harus berhati-hati terhadap atap yang mau roboh.Ayo bantu sekolah seperti itu jika ada di lingkungan sekitar kita, itu lah cara terdekat untuk memajukan pendidikan kita.

          Kekerasan dalam mengajar. Selalu saja disorot bahwa kekerasan itu menjadi daya iklan yang amat kuat dalam berita pendidikan kita. Kadang berita sepihak saja yang disorotin. Saya selalu berpikir mengapa bisa seorang guru melakukan kekerasan? Apakah karena kesalah Guru saja? Mari kita bijak dalam memberitakan dan mendengarkan berita. Saya tidak membela atau membenarkan tindakan kekerasan yang terjadi tapi menjadi seorang guru itu membutuhkan tingkat kesabaran yang amat sangat, mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas perilaku anak-anak itu berbeda begitu pula kenakalan yang terjadi , cobalah untuk menghukum mereka dengan cara yang mendidik.  Tidak usah jauh-jauh untuk mendidik berpuluh anak dalam satu kelas, kadang orang tua saja tidak sabar dengan perilaku anaknya sendiri apalagi anak orang lain. Tetapi itulah spesialnya seorang Guru dimana dia tidak hanya mengajar tetapi mendidik juga.

Indonesia harus berpikir positif menghadapi permasalah yang ada. Saya berharap dana BOS bisa digunakan sebaik mungkin. Peningkatan fasilitang  sekolah dan juga tenaga pendidik yang terus ditingkatkan. Fasilitas sekolah computer dan fasilitas lab setiap sekolah perlu diperhatikan. Buku-buku pengetahuan sekolah juga mesti ditambah dan pemerataan pendidikan. Baik di kota maupun di desa, Baik ditingkat Provinsi, kabupaten , dan kecamatan jangan ada yang satu memiliki keunggulan dan yang lain memiliki kekurangan.  Buku mesti diperbanyak contohnya buku-buku mengenai hobby yang perlu digunakan siswa-siswi dalam mengembangkan minat mereka, menyalurkan ketertarikan mereka untuk lebih menyalurkan bakat-bakat mereka. Mereka itu kelebihan tenaga sehingga mereka sanggup berkelahi. Sangat disayangkan tenaga yang berlebih hanya digunakan untuk tawuran, coba kalau disalurkan untuk panjat tebing. Alangkah bermanfaatnya bila kita sebagai orang yang memperhatikan pendidikan, orang-orang yang berkecimpung dalam pendidikan untuk dapat menyalurkan hasrat dan kemampuan   siswa-siswi Indonesia. Alangkah baiknya bila kita tidak menghakimi mereka pintar dan bodoh karena setiap anak memiliki keunikan mereka sendiri-sendiri.

Terakhir mengenai kesejahteraan guru.  Saya berharap minimal adanya keamanan dalam kesehatan untuk semua guru baik  negeri maupun swasta.  Apakah sekolah itu ada pembagian antara anak kandung dan anak tiri. Semoga pemerintah dapat meningkatkan kesejahateraan guru dan pemerataan kesejahteraan,  jangan hanya menuntut saja tetapi ikut mengerti.  Pendidikan itu bukan hanya tanggungjawab sekolah dan guru tetapi itu tanggujawab kita semua. Mari bangun pendidikan Indonesia  dari berbagai aspek tidak hanya secara materi tetapi secara spiritual dan emotional. Majulah pendidikan Indonesia, ini suatu proses kita untuk memperbaiki pendidikan untuk kita, untuk anak-anak kita dan untuk generasi penerus bangsa kita.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: